Sunday, January 10, 2016

Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel

Bagi anda yang baru mengenal, belajar dan bekerja menggunakan Microsoft Excel, alangkah baiknya jika anda mengenal tampilan Lembar
Kerja Microsot Excel terlebih dahulu.

Kenapa?

Dengan mengenal dan memahami tampilan Lembar Kerja Microsoft Excel serta mengetahui menu-menu yang ada di Lembar Kerja Excel, tentunya hal ini akan mempermudah saat anda menggunakannya.

Pernah suatu ketika, saya mendapatkan telepon dari seorang teman kantor yang kebingungan karena Rumus atau Formula di dokumennya ada yang berubah tanpa disengaja.
Lewat telepon, saya berusaha memandu untuk memperbaiki Rumus atau Formula yang rusak tersebut.
Saya cukup heran, ternyata teman yang satu ini belum begitu paham mengenai menu-menu yang ada di Excel, padahal hampir setiap hari tugas yang dikerjakan tidak terlepas dari program Excel tersebut. Ini saya ketahui saat memandunya dengan meminta klik beberapa menu yang sebenarnya menu-menu itu adalah menu dasar, seperti Review, melihat Formula bar, dan lain-lain.

Review yang mana sih? Formula bar disebelah mana? Cell..?

Hadhheehhh...kalau begini susah sendiri kan..?!

Usut punya usut, ternyata selama ini teman saya hanya menjalankan dan input data sesuai dengan apa yang diinstruksikan saja oleh seniornya, tanpa mau memperhatikan hal-hal yang lainnya.
Ya, sekedar Open, Input, Save, selesai...

Mau tidak mau, saya yang harus sabar memandunya.

Nah itu salah satu contoh kenapa anda harus mengetahui dan memahami bagian-bagian Lembar Kerja Excel yang anda gunakan. Setidaknya anda mengetahui dan memahami menu-menu utama.

Sekarang, mari kita perhatikan gambar Lembar Kerja Excel di bawah ini (saya tampilkan Lembar Kerja Excel 2007).

Bagian Lembar Kerja Excel
Berikut penjelasan dari Gambar di atas :
  1. Office Menu atau Office Button adalah menu standar yang didalamnya terdapat menu : New, Open, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close

  2. Quick Acces adalah menu/akses pintas untuk mempercepat proses kerja.

  3. Menu Bar adalah menu-menu utama dari Lembar Kerja Excel, ada Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View

  4. Tool Bar, ini adalah sub menu dari Menu Utama

  5. Title Bar menampilkan Nama File

  6. Name Box menunjukkan letak Cell Pointer

  7. Function untuk input Formula/Rumus

  8. Formula Bar menampilkan Formula/Rumus atau apa yang kita input

  9. Row atau Baris yang ditunjukkan dengan angka 1, 2, 3, dst...

  10. Columns atau Kolom ditunjukkan dengan abjad A, B, C, dst...

  11. Horizontal Scroll Bar, berfungsi untuk menaik-turunkan tampilan Lembar Kerja

  12. Vertical Scroll Bar, berfungsi untuk menggeser tampilan Lembar Kerja ke arah kanan- kiri

  13. Worksheet Navigator untuk menggeser/menampilkan Sheet yang tertutup

  14. Worksheet, ini adalah Lembar Kerja dimana anda input data

  15. Insert Worksheet, untuk menambah Sheet

  16. Status Bar menampilkan status Lembar Kerja 

  17. View Sheet Menu untuk merubah tampilan Lembar Kerja

  18. Zoom untuk memperbesar tampilan Lembar Kerja
Selanjutnya Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel - lanjutan bagian I

No comments:

Post a Comment