Tuesday, August 9, 2016

Fungsi Menu PAGE LAYOUT Microsoft Excel

Secara umum, menu Page Layout berfungsi untuk mengatur tata letak dan tampilan lembar kerja Microsoft Excel.



Menu Page Layout ini terbagi lagi dalam kelompok-kelompok submenu yang mempunyai fungsi untuk pengaturan-pengaturan yang sudah disebutkan di atas.

Berikut menu-menu yang berada dalam menu Page Layout :
  • Themes
  • Difungsikan untuk mengatur thema tampilan lembar kerja. Dalam kelompok Themes terdapat menu-menu seperti :
    Themes, mengatur tema tampilan lembar kerja
    Colors, mengatur atau mengubah tampilan warna tema
    Fonts, mengatur tampilan huruf tema
    Effects, mengubah dan mengatur efek tema

  • Page Setup
  • Untuk pengaturan tata letak dan tampilan lembar kerja saat proses pencetakan
    Margin, mengatur jarak tepi
    Orientation, mengatur tampilan portrait (vertikal) atau landscape (mendatar)
    Size, mengatur tampilan lembar kerja sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan saat pencetakan
    Print Area, menentukan area atau range lembar kerja yang akan dicetak
    Break, memisahkan halaman, kolom text, dan lain-lain
    Background, menyisipkan gambar di belakang lembar kerja
    Print Titles, mencetak baris atau kolom judul pada setiap halaman

  • Scale to Fit
  • Untuk mengatur tinggi, lebar, dan skala dalam lembar kerja

  • Sheet Options
  • Berfungsi untuk mengatur tampilan sheet lembar kerja
    Gridlines, menampilkan atau menghilangkan garis bantu
    Headings, menampilkan atau menghilangkan angka kolom dan huruf baris

  • Arrange
  • Mengatur letak atau posisi obyek

No comments:

Post a Comment