Saturday, August 6, 2016

Mencetak File Excel

Mencetak file atau lembar kerja Excel, sebenarnya gampang-gampang susah.

Tidak seperti mencetak dokumen lain, dokumen dari Ms. Word misalnya, yang hanya tinggal klik Print, maka dokumen akan tercetak dengan baik.

Mencetak file Excel perlu sedikit pengaturan agar hasil cetak ke printer sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk itu, ikuti langkah-langkah pengaturannya sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasi Microsoft Excel

  • Buka/tampilkan file yang akan dicetak

  • Sorot area dalam file yang akan dicetak

  • Pilih dan klik menu Page Layout, Print Area, Set Print Area

  • Setelah itu, klik Office Button

  • Sorot menu Print
  • Ada 3 pilihan menu :
      1. Print : mengatur type printer dan berapa banyak dokumen akan dicetak
      2. Quick Print : mencetak dokumen dengan pengaturan default
      3. Print Preview : melihat tampilan pencetakan dan pengaturan lebih lanjut

  • Pilih Print Preview

  • Klik Page Setup untuk pengaturan lebih lanjut.
  • Pada tampilan kotak dialog Page Setup terdapat tab :
    Page, untuk mengatur cetak secara horisontal/vertikal, perbesar atau perkecil hasil cetakan, ukuran kertas, dan kualitas cetakan
    Margins, untuk mengatur jarak tepi kanan, kiri, atas, bawah, dan mengatur hasil cetakan ditengah halaman
    Header/Footer, memberikan catatan kepala dan catatan kaki
    Sheet, pengaturan area print, pengulangan cetak, dan lain-lain

  • Klik OK, kotak dialog Page Setup tertutup

  • Kembali ke Print Preview, klik gambar printer untuk mencetak

  • Pada kotak dialog yang muncul, periksa type printer yang sesuai dan jika ingin mencetak dokumen lebih dari satu, pada kolom number of copies ganti dengan angka yang dikehendaki

  • Klik Print

  • Printer akan mencetak dokumen sesuai dengan pengaturan yang sudah ditetapkan

Selamat mencoba...!


No comments:

Post a Comment